Home » Daftar 8 Makanan Khas Jawa Timur Yang Harus Kamu Coba!
Kuliner Sekitar

Daftar 8 Makanan Khas Jawa Timur Yang Harus Kamu Coba!

Jawa Timur adalah sebuah surga wisata untuk kuliner yang cukup kaya akan varian makanannya. Ada makanan khas Jawa Timur yang mempunyai cita rasa yang gurih, asin, sedikit pedas, serta kaya akan rempah – rempah. Salah satu kuliner Jawa Timur yang seringkali ditemukan pada berbagai daerah adalah soto Lamongan.

Namun, selain itu sebenarnya masih banyak juga loh makanan khas yang tak kalah enak. Nah, kalau kalian berencana liburan ke daerah Jawa Timur, di bawah ini kami akan berikan beberapa daftar makanan khas Jawa Timur yang harus kalian coba.

1. Lontong Kupang

Makanan Khas Jawa Timur

Makanan tradisional khas Jawa Timur berikutnya adalah lontong Kupang yang merupakan kuliner khas Sidoarjo. Nama Kupang ini maksudnya adalah hewan laut sejenis kerang kecil yang ukurannya hanya sebesar beras atau biji kedelai saja.

Hewan ini bisa dengan mudah ditemukan pada pinggiran pantau atau lumpur berair asin. Kupang yang dipakai adalah kupang putih yang lalu dimasak dengan berbagai bumbu yang menggugah selera. Masyarakat percaya kalau makan hidangan ini sambil minum air kelapa muda, maka semua penyakit dalam tubuh akan pergi.

2. Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan sebuah makanan khas yang berasal dari daerah Gresik yang ada di Jawa Timur. Ciri – cirinya adalah nasi pulen yang disajikan di atas daun pisang. Lauknya sendiri bisa berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petus, serta serundeng.

Ada pula sambal terasi yang punya rasa pedas yang khas untuk pelengkap nasi krawu. Untuk para pecinta makanan pedas, sajian ini sangat wajib kalian coba saat berkunjung ke Gresik. Awalnya, Nasi Krawu merupakan makanan khas Madura. Dimana para pendatang dari Madura membawa nasi krawu lalu mencoba berjualan di Gresik.

3. Rujak Cingur

Makanan Khas Jawa Timur

Rujak Cingur merupakan salah satu makanan tradisional yang bisa dengan mudah di temukan pada daerah Jawa Timur, terutama di daerah dari Surabaya. Dalam bahasa Jawa, kata Cingur memiliki arti mulut yang merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang di rebus serta di campurkan ke dalam hidangan.

Rujak cingur juga biasanya terdiri atas irisan beberapa jenis buah. Di dalam penyajiannya sendiri, rujak cingur di bedakan jadi 2 macam yaitu penyajian biasa dan matengan. Penyajian biasa atau umumnya adalah semua bahan biasa sedangkan matengan hanya terdiri atas bahan matang saja.

4. Sego Tampong

Salah satu makanan khas daerah Jawa Timur tepatnya daerah Banyuwangi yang memiliki cita rasa pedas seperti di tampar. Makanan ini memang terdiri atas sayuran rebus seperti kubis, bayam, kenikir, lauk, serta sambal.

Ada pula beberapa jenis sambal yang di olah untuk pelengkap nasi tempong, yaitu sambal kacang dengan aroma kencur yang sangat kuat dan juga sambal terasi pedas. Ada beberapa jenis sambal yang di olah untuk pelengkap nasi tempong, yaitu sambal kacang dengan aroma kencur yang kuat dan juga sambal terasi pedas.

5. Lontong Balap

Makanan Khas Jawa Timur

Lontong balap isinya adalah lontong yang di iris lalu di berikan irisan tahu, remasan lentho, dan juga toge. Dulunya, para penjual lontong saling berebut pembeli yang ada di pasar. Akhirnya, para penjual lontong ini pun terkedan balapan untuk mencapai tujuan akhir mereka yaitu pasar Wonokromo, Surabaya.

Isi dari makanan khas Jawa Timur ini adalah lontong, toga, tahu goreng, lentho, kecap, sambal, dan bawang goreng. Lentho sendiri merupakan sebuah bulatan kecil sebesar ibu cari dan di pencet untuk dimakan. Makanan ini biasanya di makan bersama sate kerang.

Baca Juga: 10 Makanan Asin Terfavorit Yang Bisa Di buat Sendiri!

6. Rawon

Siapa sih yang gak kenal dengan makanan enak dari Jawa Timur yang satu ini? Rawon merupakan salah satu hidangan paling tua dalam sejarah Jawa Kuno yang sudah ada semenjak 901 Masehi, era Kerajaan Mataram. Kuahnya memiliki warna hitam pekat karena di olah dengan kluwek.

Isi Rawon biasanya adalah daging sapi yang di rebus dalam kuah kluwek dalam waktu lama sampai teksturnya empuk. Menu ini di sajikan bersama taoge, telur asin, serta kerupuk udang. Rawon juga bisanya menjadi hidangan tradisional namun cepat menjadi favorit para warganya.

7. Bebek Sinjay

Makanan Khas Jawa Timur

Makanan yang satu ini sangat wajib kalian coba saat datang ke daerah Bangkalan, Madura. Bebek ini memiliki tekstur daging yang empuk serta tak amis. Hidangan ini juga akan makin enak kalau di makan bersama nasi putih panas serta sambal mangga atau sambal pencit.

Bebek Sinjay sendiri adalan panganan khas Bangkalan yang cukup fenomenal. Tiap harinya, hidangan ini selalu di datangi oleh lebih dari 1000 pembeli yang kebanyakan berasal dari luar kota Bangkalan. Jangan sampai ketinggalan ya!

8. Rujak Soto

Makanan Khas Jawa Timur

Kuliner rujak soto merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang merupakan perpaduan di antara rujak dengan soto kuning. Rujak petis dengan rasa terasi yang khas serta kuah soto yang kuning gurih akan memberikan kombinasi rasa yang unik serta enak.

Kombinasi makanan ini sebetulnya sudah cukup biasa ada di Jawa Timur. Selain rujak soto, kalian juga bisa menemukan rujak bakso di kawasan Madura. Namun bedanya, rujak di sana memakai petis Madura yang rasanya cenderung asin.

Itulah beberapa daftar makanan khas Jawa Timur yang wajib kalian coba. Melihat dari gambar makanan khas Jawa Timur nya saja mungkin sudah membuat kita ngiler, apalagi kalau mencobanya secara langsung di tempat? Pasti akan makin nikmat dengan suasana indah ala Jawa Timur. Semoga bermanfaat.