Home » Daftar 10 Makanan Pedas Indonesia, Pecinta Pedas Harus Coba!
Masakan Indonesia

Daftar 10 Makanan Pedas Indonesia, Pecinta Pedas Harus Coba!

Makanan yang berasal dari Indonesia memang di kenal kaya bumbu pedas maupun tidak serta sangat beragam dengan rempah – rempah. Karena itulah, makanan khas dari Nusantara biasanya banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia.

Selain itu, orang Indonesia juga terkenal dengan suka makanan pedas. Makanya, kita bisa dengan mudah melihat masyarakat Indonesia yang menyukai sambal sebagai pelengkap lauk. Ternyata, selain sambal masih ada lagi berbagai jenis makanan khas Indonesia yang juga punya cita rasa pedas dan banyak di sukai.

Nah, untuk kalian yang suka pedas, pastinya kalian ingin mencoba berbagai makanan pedas di Indo kan? Karena itulah, di bawah ini kami akan berikan beberapa daftarnya.

1. Ayam Betutu Pedas

makanan pedas Indonesia

Makanan satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kalian. Ayam Betutu biasanya banyak di temukan di Bali. Padahal, sebenarnya ayam betutu merupakan makanan khas Lombok loh. Kuahnya pedas serta berwarna kuning kemerahan yang di beri campuran merica hitam, merica putih, pala, ketumbar, cengkeh, tabia bun, serta bangle.

Bali yang terkenal dengan makanan pedasnya membuat ayam Betutu dengan resep yang agak sulit. Ayam atau bebek yang sudah di isi bumbunya di bungkus dengan daun pisang lalu di tutup lagi dengan batang pisang. Betutu ini lalu di tanam ke dalam lubang tanah lalu di tutup dengan bara api sampai matang. Namun, untuk saat ini proses memasaknya sudah lebih sederhana dan modern.

Rasa ayam yang pedas dengan berbagai rempah bisa membuat para penikmatnya ketagihan. Salah satu daerah yang paling terkenal dan punya ayam betutu terbaik di Bali adalah Gilimanuk. Jadi, kalau ke Bali dan datang ke daerah ini, jangan sampai gak makan hidangan ini ya!

2. Mie Aceh

Mie Aceh

Mie Aceh terkenal punya kuah dengan bumbu yang cita rasanya sangat pedas serta harum. Makanan pedas Indonesia yang satu ini di buat dengan banyak bumbu seperti kapulaga, jintan, lada, kayu manis, cengkeh, bunga pekak, sampai ketumbar. Selain punya cita rasa yang pedas, rempah – rempah itu juga ampuh untuk membuat perut kalian menjadi lebih hangat.

Hidangan ini sendiri berasal dari daerah Sumatera dan punya ciri khas bentuk mie nya yang besar, agak tebal dan biasanya di sajikan dengan kuah atau juga bisa di sajikan kering. Tetapi, di luar berkuah atau keringnya, yang pasti makanan ini punya rasa yang cukup pedas dan menusuk.

Mie Aceh biasanya di masak dengan campuran daging kambing atau sapi. Beberapa penjual juga memakai cumi, udang, sampai dengan kepiting untuk melengkapi rempah serta kari yang gurih pedas khas Aceh. Kalau menurut kalian masih kurang pedas, kalian bisa menambahkan cabai yang di sediakan ke dalam campuran mie Aceh.

3. Makanan Rica – Rica Pedas Indonesia

makanan pedas Indonesia

Makanan pedas dari Indonesia satu ini juga sudah banyak yang tahu. Rica – rica merupakan sebuah bumbu yang awalnya datang dari Manado. Rica – rica biasanya di masak bersama dengan berbagai lauk mulai dari telur, ayam, udang, daging, dan masih banyak lagi.

Cara membuat bumbu ini adalah dengan menggunakan rempah yang sederhana seperti bawang merah, bawang putih, tomat, serta jahe. Lauk yang banyak di masak dengan bumbu rica – rica adalah ayam. Cabai yang di gunakan untuk bumbu juga biasanya adalah cabai merah atau cabai hijau pedas.

Bumbu ini sangat mudah di buat karena hanya tinggal di haluskan saja lalu di tumis dan di masukkan lauk. Rica – rica sangat enak jika di sajikan dengan nasi putih panas, bawang merah goreng, dan timun segar. Di jamin ketagihan!

4. Rendang Pedas Indonesia

makanan pedas Indonesia

Siapa sih yang tak kenal dengan rendang? Makanan khas Sumatera Barat ini sangat terkenal apalagi bagi para warga Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan hidangan satu ini. Rendang juga populer sampai ke ranah dunia loh. Bahkan, rendang juga pernah di nobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Rendang juga di kenal punya rasa yang sedikit pedas. Walaupun tidak terlalu pedas, namun, banyak orang yang mengaku bahwa rendang punya rasa pedas yang cukup nendang. Rendang sendiri terbuat dari daging sapi yang di masak dengan rempah – rempah pilihan yang pedas, manis, dan gurih.

Cara memakannya adalah di santap dengan nasi hangat. Cita rasa nikmat beragam bumbu yang di masak lama membuat aromanya yang Indonesia banget meresap ke dalam setiap potongan daging.

5. Bubur Pedas Sambas

Bubur Pedas Sambas

Tiap masuk ke bulan Ramadhan, makanan yang satu ini selalu meramaikan buka puasa di Kota Medan. Bubur satu ini berasal dari Kalimantan dan bisa dengan mudah kalian temukan di daerah Singkawang serta Pontianak juga loh.

Biasanya, makanan ini di buat untuk mengisi kegiatan serta acara kerajaan. Namun saat ini sudah banyak yang menjualnya. Makanan ini merupakan bubur yang di masak dengan berbagai bumbu serta rempah dan biasanya di makan bersama dengan lauk bernama Anyang yang di buat memakai berbagai macam rempah.

Walaupun tak menggunakan cabai dalam pengolahannya, namun campuran bubuk lada di dalam bubur ini juga sudah terasa pedas serta hangat di tenggorokan. Untuk menjaga rasa serta aroma khas dari makanan ini, cara membuatnya juga masih memakai tungku kayu bakar serta di masak selama 3 – 4 jam.

Baca Juga: 6 Resep Rendang Ayam Mudah Yang Harus Kamu Praktekkan Di Rumah!

6. Ayam Bakar Taliwang

makanan pedas Indonesia

Salah satu makanan terpedas di Indonesia ini merupakan makanan khas Lombok yang di buat dengan ayam, biasanya ayam kampung yang di potong serta di bersihkan sebelum di panggang. Sesudah di panggang setengah, ayam akan di keluarkan dari panggangan lalu di lunakkan dengan alu,

Setelah itu, ayam di celupkan ke dalam minyak goreng beberapa detik di dalam minyak lalu di masukkan ke dalam saus pedas bawang putih, cabai, dan terasi. Lalu, ayam di goreng atau di panggang sesuai dengan pesanan. Secara fisik, hidangan ini sebetulnya mirip dengan ayam bakar atau ayam goreng biasa namun dengan penutup sambal.

Hidangan ini di buat dengan bawang merah serta cabai. Selain itu, aroma nya juga memancarkan aroma daun jeruk, serai, serta terasi yang pekat sehingga menambah cita rasa siapa pun yang memakannya. Rasanya juga manis dan pedas dan bisa di sajikan dengan pelengkap kangkung, terong, serta dilumuri sambal.

7. Seblak Pedas

Seblak

Siapa sih yang tak kenal seblak? Makanan favorit asal Bandung ini sudah sangat tenar bahkan sampai ke penjuru Indonesia. Seblak punya cita rasa yang gurih dan sangat pedas sehingga sangat menggugah selera bagi para pecinta pedas. Teksturnya juga kenyal jadi asik di makan.

Isian seblak biasanya terdiri dari kerupuk basah yang di masak dengan sayuran serta topping – topping lain. Topping yang di tawarkan ada banyak mulai dari makaroni, sosis, ayam, telur, dan bakso. Bumbu seblak sendiri menggunakan bawang merah, bawang putih, garam, gula, kencur, dan tentu saja cabai.

Seiring berkembangnya waktu, tren jajanan kaki 5 dan kuliner tradisional pun semakin berkembang juga. Seblak bukan hanya di sajikan dengan topping rasa tapi terus berkembang jadi makanan yang populer serta kekinian.

8. Balado Pedas

makanan pedas Indonesia

Makanan pedas yang satu ini berasal dari Minangkabau. Namun, sudah sangat populer sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Makanan ini bahkan juga sangat mudah jika ingin kalian cari. Kalian bisa menemukannya di warteg terdekat maupun di rumah makan padang.

Saus balado sendiri di buat dengan cara menggoreng cabai rawit merah yang di tumbuk dengan bumbu lain termasuk bawang merah, bawang putih, air jeruk nipis, tomat, kelapa sawit, serta minyak kelapa.

Bahannya hampir mirip dengan sambal terasi. Tetapi, berbeda dengan sambal, Balado biasanya di campur serta di tumis bersamaan dengan bahan utamanya serta di olah sebagai lauk. Varian lauknya juga bermacam – macam seperti telur, daging, ayam, udang, hingga terong yang di berikan bumbu balado.

9. Makanan Penyetan Pedas Indonesia

Penyetan

Penyetan adalah sebuah makanan pedas Indonesia yang khas dari Jawa Timur. Penyet sendiri merupakan bahasa Jawa dari gepeng. Dimana, artinya adalah makanan lauk yang di penyet lebih dulu lalu di ulek bersama sambal cobek. Yang di penyet biasanya lauk pauk seperti tempe, tahu, dan ayam goreng.

Ayam atau tempe yang di penyet akan sedikit hancur dan inilah yang menjadi ciri khasnya. Karena, sambalnya akan meresap sampai dalam. Ada beberapa versi dari penyetan khususnya ayam, ada yang menyajikan ayam dengan sambal, irisan timun, tahu goreng dan tempe, ada juga yang mencampurkan sambal dan ayam lalu ditumbuk bersama sampai hancur.

Di Indonesia, hidangan penyet seperti ayam goreng serta Iga biasanya akan mudah ditemukan di Surabaya. Varian yang paling populer adalah ayam penyet Suroboyo yang rasanya sangat menggugah selera.

10. Asam Pedas Tempoyak

makanan pedas Indonesia

Untuk beberapa orang di Indonesia, masakan Asam Pedas Tempoyak ini mungkin masih terdengar sedikit asing. Padahal, makanan satu ini punya rasa yang pedas asam sehingga membuat kita segar saar memakannya. Asam Pedas Tempoyak merupakan makanan khas Jambi yang sangat enak.

Pecinta daging buah durian yang difermentasi dijamin akan jatuh cinta dengan makanan ini. Karena, makanan ini terbuat dari bahan utama ikan patin yang diolah dengan tempoyak atau daging buah durian fermentasi dan dibumbui dengan rempah – rempah.

Makanan ini enak di gado saat dingin ataupun dimakan bersama nasi karena rasanya sangat segar dan enak. Hidangan ini bisa dengan mudah ditemukan di Jambi. Namun, di beberapa kota lain mungkin sedikit sulit ditemukan.

Nah, itulah daftar makanan pedas Indonesia yang tak boleh kalian lewatkan. Apalagi jika kalian mengaku sebagai pecinta pedas. Beberapa makanan di atas mungkin bisa kalian temukan di kota kalian. Tapi, ada juga yang masih sangat tradisional dan asing sehingga tak ada di tempat lain. Semoga bermanfaat.